MIPA SMKN 20 ONLINE
Welcome, Guest Wednesday, 04.24.2024, 4:16 PM
RSS

Site menu

Login form

Search

Calendar
«  April 2024  »
SuMoTuWeThFrSa
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930

Entries archive

Our poll
Rate my site
Total of answers: 18

Site friends
  • Create a free website
  • Online Desktop
  • Free Online Games
  • Video Tutorials
  • All HTML Tags
  • Browser Kits

  • Statistics

    Total online: 1
    Guests: 1
    Users: 0

     SILABUS IPA 

     

    SILABUS IPA SMKN 20

     

    NAMA SEKOLAH                  : SMKN 20 JAKARTA

    MATA PELAJARAN              : Ilmu Pengetahuan Alam

    KELAS / SEMESTER           : X / 1 dan 2

    STANDAR KOMPETENSI : Memahami Gejala-gejala Alam Melalui Pengamatan

    KODE KOMPETENSI         :IPA-1

    ALOKASI WAKTU              : 64 x 45 Menit

     


    KOMPETENSI DASAR

    MATERI PEMBELAJARAN

    KEGIATAN PEMBELAJARAN

    INDIKATOR

    PENILAIAN

    ALOKASI WAKTU

    SUMBER BELAJAR

    TM

    PS

    PI

             1.1 Mengidentifikasi obyek

                   secara terencana dan

                   sistematis untuk

                   memperoleh informasi

                   gejala alam biotik

    >METODE ILMIAH

        - Hakikat IPA

        - Keterampilan Proses Sains

        - Proses Metode Ilmiah

        >KEANEKARAGAMAN DAN

           KLASIFIKASI MAKHLUK

           HIDUP

        - Keanekaragaman Makhluk

            Hidup

         - Klasifikasi Makhluk Hidup

    >PERANAN  

      MIKROORGANISME

      DALAM KEHIDUPAN  

      MANUSIA

    -Virus

    -Bakteri

    -Protista

    -Fungi

     

       >KEGIATAN AWAL

       -Memberikan informasi pengantar pembelajaran dan tujuan pembelajaran

       >KEGIATAN INTI

       -Membentuk kelompok belajar / diskusi

       -Membaca modul dan melakukan pengamayan terhadap objek tertentu

       -Melakukan diskusi kelompok

       -Mengadakan tanya jawab antar kelompok

       -Mengerjakan tugas-tugas yang ada di modul kompetensi

       >KEGIATAN AKHIR

       -Siswa menyimpulkan hasil diskusi dari materi kompetensi/sub kompetensi

       -Memberikan hasil diskusi dari tugas kelompok / individu

       -Memberikan hasil tes lisan / tulis

       -Tugas tambahan untuk siswa sebagai pengayaan kompetensi melalui media cetak atau internet berupa tugas individu dan menjawab soal secara fisik atau online

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

       -Hakikat IPA dipahami secara baik dan benar

       -Keterampilan Peroses sains dipahami secara baik dan benar

       -Proses metode metode ilmiah dipahami secara baik dan benar

        -Keanekaragaman makhluk hidup serta manfaatnya dijabarkan dengan baik dan benar

        -Klasifikasi makhluk hidup dijabarkan dengan baik dan benar

        -Peranan virus dalam kehidupan manusia dijelaskan dengan tepat

        -Peranan bakteri dalam kehidupan manusia dijelaskan dengan tepat

        -Peranan protista dalam kehidupan manusia dijelaskan dengan tepat.

        -Peranan fungi dalam kehidupan manusia dijelaskan dengan tepat

     

     

        - Observasi kinerja

        - Produk

        - Tes tertulis / lisan bentuk

            esssay

         - Instrumen (lampiran)

    8

    24

    (48)

     

       - Lingkungan

       - Buku Sumber

    --  - Modul

    -   - Media 

           Elektronik

           dan cetak

        -  Peta dan 

           Globe

        -  Kamus

            tumbuhan

           dan hewan

     

     

    2     1.2  Mengidentifikasi obyek

                  secara terencana dan

                  sistematis untuk

                  memperoleh informasi

                  gejala alam abiotik

     

     

    >CUACA DAN IKLIM

    - Cuaca

    - Iklim

    >BUMI DAN BENDA

      LANGIT

    - Bumi

      Benda Langit

     

      >KEGIATAN AWAL

       -Mendapatkan informasi pengantar pembelajaran dan tujuan pembelajaran

       >KEGIATAN INTI

       -Membentuk kelompok belajar / diskusi

       -Membaca modul dan melakukan pengamayan terhadap objek tertentu

       -Melakukan diskusi kelompok

       -Mengadakan tanya jawab antar kelompok

       -Mengerjakan tugas-tugas yang ada di modul kompetensi

       >KEGIATAN AKHIR

       -Siswa menyimpulkan hasil diskusi dari materi kompetensi/sub kompetensi

       -Memberikan hasil diskusi dari tugas kelompok / individu

       -Memberikan hasil tes lisan /

          tulis

       -Tugas tambahan untuk siswa sebagai pengayaan kompetensi melalui media cetak atau internet berupa tugas individu dan menjawab soal secara fisik atau online       

     

      -Pengetahuan tentang bumi dipahami secara baik dan benar

        -Pengetahuan tentang benda langit dipahami secara baik dan benar

        -Pengetahuan tentang cuaca dipahami secara baik dan benar

        -Pengetahuan tentang iklim dipahami secara baik dan benar

     

        - Observasi kinerja

        - Produk

        - Tes tertulis / lisan bentuk

            Esssay

          - Instrumen (lampiran)

     

     

     

      -Lingkungan

      -Buku Sumber

    -- -Modul

    -  -Media 

         Elektronik

         dan cetak

       - Peta dan 

         Globe

       - Kamus

         umbuhan

         dan hewan

     

     

     

    Jakarta,......./................2009                             Guru Mata Pelajaran

                                                                                                                                                         (Moh . Arief Yuhariyanto, ST)             


     


    Jakarta,......./.......2009

     Guru Mata Pelajaran

     

          ( Moh . Arief Yuhariyanto, ST )             


                                                                                                                          

        


    Website builderuCoz
    Copyright MyCorp © 2024