1.1 Mengidentifikasi obyek
secara terencana dan
sistematis untuk
memperoleh informasi
gejala alam biotik
|
>METODE ILMIAH
-
Hakikat IPA
-
Keterampilan Proses Sains
-
Proses Metode Ilmiah
>KEANEKARAGAMAN DAN
KLASIFIKASI MAKHLUK
HIDUP
- Keanekaragaman Makhluk
Hidup
- Klasifikasi
Makhluk Hidup
>PERANAN
MIKROORGANISME
DALAM KEHIDUPAN
MANUSIA
-Virus
-Bakteri
-Protista
-Fungi
|
>KEGIATAN AWAL
-Memberikan
informasi pengantar pembelajaran dan tujuan pembelajaran
>KEGIATAN
INTI
-Membentuk kelompok belajar / diskusi
-Membaca modul dan melakukan pengamayan
terhadap objek tertentu
-Melakukan diskusi kelompok
-Mengadakan tanya jawab antar kelompok
-Mengerjakan tugas-tugas yang ada di modul
kompetensi
>KEGIATAN
AKHIR
-Siswa menyimpulkan hasil diskusi dari
materi kompetensi/sub kompetensi
-Memberikan hasil diskusi dari tugas
kelompok / individu
-Memberikan hasil tes lisan / tulis
-Tugas tambahan untuk siswa sebagai
pengayaan kompetensi melalui media cetak atau internet berupa tugas individu
dan menjawab soal secara fisik atau online
|
-Hakikat IPA dipahami secara baik dan
benar
-Keterampilan Peroses sains dipahami
secara baik dan benar
-Proses metode metode ilmiah dipahami
secara baik dan benar
-Keanekaragaman makhluk hidup serta manfaatnya dijabarkan dengan baik
dan benar
-Klasifikasi makhluk hidup
dijabarkan dengan baik dan benar
-Peranan
virus dalam kehidupan manusia dijelaskan dengan tepat
-Peranan bakteri dalam kehidupan manusia dijelaskan dengan tepat
-Peranan protista dalam kehidupan manusia dijelaskan dengan tepat.
-Peranan fungi dalam kehidupan manusia dijelaskan dengan tepat
|
- Observasi
kinerja
-
Produk
-
Tes tertulis /
lisan bentuk
esssay
- Instrumen (lampiran)
|
8
|
24
(48)
|
|
-
Lingkungan
- Buku Sumber
-- - Modul
- - Media
Elektronik
dan cetak
- Peta dan
Globe
- Kamus
tumbuhan
dan hewan
|
2 1.2 Mengidentifikasi
obyek
secara terencana dan
sistematis untuk
memperoleh informasi
gejala alam abiotik
|
>CUACA DAN IKLIM
-
Cuaca
-
Iklim
>BUMI DAN BENDA
LANGIT
- Bumi
Benda Langit
|
>KEGIATAN AWAL
-Mendapatkan
informasi pengantar pembelajaran dan tujuan pembelajaran
>KEGIATAN
INTI
-Membentuk kelompok belajar / diskusi
-Membaca modul dan melakukan pengamayan
terhadap objek tertentu
-Melakukan diskusi kelompok
-Mengadakan tanya jawab antar kelompok
-Mengerjakan tugas-tugas yang ada di modul
kompetensi
>KEGIATAN AKHIR
-Siswa menyimpulkan hasil diskusi dari
materi kompetensi/sub kompetensi
-Memberikan hasil diskusi dari tugas
kelompok / individu
-Memberikan hasil tes lisan /
tulis
-Tugas tambahan untuk siswa sebagai
pengayaan kompetensi melalui media cetak atau internet berupa tugas individu
dan menjawab soal secara fisik atau online
|
-Pengetahuan tentang bumi
dipahami secara baik dan benar
-Pengetahuan tentang benda langit dipahami secara baik dan benar
-Pengetahuan tentang cuaca dipahami secara baik dan benar
-Pengetahuan tentang iklim dipahami secara baik dan benar
|
- Observasi
kinerja
-
Produk
-
Tes tertulis /
lisan bentuk
Esssay
- Instrumen
(lampiran)
|
|
|
|
-Lingkungan
-Buku Sumber
-- -Modul
- -Media
Elektronik
dan cetak
- Peta
dan
Globe
- Kamus
umbuhan
dan hewan
|